tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Senin, 14 Jul 2014

Kiat menghindari penipuan saat berbelanja online

Kemajuan teknologi telah membawa dampak yang luar biasa di berbagai bidang, termasuk di dunia bisnis. Teknologi dapat dimanfaatkan dunia bisnis untuk memasarkan produknya dengan mudah. Sebaliknya teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagi alat menipu dan kejahatan/kriminal lainnya. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informatika melalui media internet atau online shop.

Penipuan online di dunia maya sangat menganggu sekali, terutama bagi para pembeli yang sudah tertipu bahkan jutaan rupiah. Selain itu hal ini juga sangat merugikan pihak penjual online yang benar-benar jujur sehingga peminat jual beli online menjadi sangat sedikit. Namun Jangan kuatir, belanja online sangat aman dan efektif selama anda mengenali Ciri-Ciri Penipuan Online

Berikut beberapa ciri – cirinya :


Harga yang sangat murah bahkan lebih miring dari pasaran, Penipuan Online menjerat calon mangsa dengan memberikan harga yang sangat fantastis. Mereka meyakinkan pembeli bahwa barang ini asli bukan bekas. Tidak ada negosiasi yang berarti, Penipuan Online sangat minim sekali negosiasi bahkan dengan mudah melepas barang yang dijualnya berapapun harganya. Berbeda hal nya dengan penjual asli, dia akan berusaha menahan harga supaya tidak jatuh jauh saat dilakukan penawaran harga oleh calon pembeli.

Nama penjual dan rekeningnya beda baik alamat dan nama, bila sudah mencapai kata sepakat Penipu ini akan memberikan rekening yang tidak sama dengan namanya bahkan kotanya juga beda misal di website tertera kota Jakarta tetapi di rekeningnya kota Bandung. Bila ditanya, penipu akan memberikan jawaban yg meyakinkan misalnya “Itu rekening bendahara saya..” atau "Itu rekening saya waktu di kota itu..".

Tidak ada alamat toko / kantor. Punya toko berjualan tetapi tidak mencantumkan alamat? Sungguh keterlaluan. Kalau benar tidak ada toko nyata, minimal mencantumkan alamat rumah, kost, apartemen, korespondensi, dsb...bukan? Ini kok tanpa alamat apapun? Dari mana mereka ambil dan taruh barang? Jangan mudah percaya ancaman: "Kami spesialis jualan online dan tidak ada alamat toko.

Mencantumkan testimoni palsu - Untuk lebih meyakinkan calon korban, biasanya penipu menulis sendiri testimoni di blog atau website mereka sendiri. Atau kadang suruh temannya
yang lain saling menulis.

Konten web yang cenderung berlebihan dalam upaya meyakinkan pengunjung bahwa web tersebut asli. Penggunaan foto orang-orang terkenal dan berpengaruh menjadi modus penipuan
website online untuk membujuk korbannya. Sebagian besar yang melakukan penipuan menggunakan layanan blog yang tidak berbayar (blogspot, wordpress, dll) atau hanya berjualan lewat account social media saja seperti twitter, facebook, dll.

Tidak memiliki jejaring social media sebagai wadah interaksi antar pelanggan dan media informasi update di website resmi nya.

Kerap melakukan SPAM ke alamat email atau nomor SMS berisikan alamat website atau blog.

Terlalu banyak menggunakan screenshot penghasilan / pembayaran


Berikut beberapa tips yang bisa di lakukan untuk menghindari penipuan online :

  • Reputasi adalah penting. Cobalah untuk mencari tau mengenai kejelasan badan usaha seperti CV atau PT yang di gunakan oleh toko online.
  • Mencek kebenaran no telpon dan alamat toko / kantor penjualan lewat pencarian di google
  • Lakukan komunikasi mengenai detail barang yang di tawarkan maupun yang akan di beli
  • Cari tahu mengenai usia domain. Website yang memiliki umur domain makin lama/tua makin baik. Pengecekan umur domain
  • bisa di lakukan lewat : http://seologs/dns/domain-check.html

 

(source : dari berbagai sumber online)