tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Senin, 16 Jun 2014

5 Bangunan Menawan Berstruktur Besi di Amerika (IV)

Dipercaya, meski dalam jumlah yang sedikit, besi mulai di produksi zaman pra sejarah. Namun ahli arkeologis juga menemukan bukti-bukti bahwa besi mulai di produksi semenjak 2000 tahun sebelum masehi. Revolusi industri pada abad ke 17 adalah penanda bahwa proses memproduksi besi dan menggunakannya untuk konstruksi dimulai. Tiga abad kemudian manusia mulai belajar bagaimana menggunakan logam ini untuk di gunakan sebagai struktur bangunan. Salah satu bangunan menawan yang menggunakan struktur besi tersebut adalah Walt Disney Concert Hall.

Di tahun 1989 Frank Gehry memenangkan kompetisi desain sebuah concert hall di pusat kota Los Angeles. Butuh waktu 14 tahun untuk mendanai dan membangun  Disney Hall. Bahasa arsitektur Frank pun di terjemahkan ke dalam sebuah desain yang di garap dengan menggunakan software computer khusus sehingga hasil jadi bangunannya tak jauh berbeda dari desainnya. Tanpa bantuan software computer ini, mustahil Frank bisa mewujudkan lekukan-lekukan besi baja dan stainless steel di atas concert hall.

Walt Disney Concert Hall telah banyak di kenal sebagai bunga dari logam yang merebak di tengah kota Los Angeles, Amerika Serikat. Dari bentuk bangunannya,  Walt Disney Concert Hall terlihat bak sebuah kapal dengan layar-layar yang terkembang.  Permukaan nya yang mengkilat menyebarkan kehangatan dan cahaya ke sekelilingnya.  Mayoritas bangunannya terbuat dari besi dan stainless steel untuk mengakomodir desainnya yang unik.