tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Jumat, 06 Jun 2014

Galvanis Merah Penopang Atap

Jika kebetulan rumah anda memiliki atap, sisa lahan di atas atap mubazir jika tidak dimanfaatkan. Terlebih bagi rumah yang luasnya pas-pasan. Nah , untuk menjadikannya lebih optimal, tutup saja sebagian lahan di atap itu. Ada banyak pilihan penutup atap . Contohnya yang satu ini, atap teras berangka pipa galvanis .  

“Model penutup atap seperti ini punya banyak fungsi. Tidak hanya sebagai penutup atap , tetapi juga bisa jadi penanda,” kata Mak Hwa San, pemilik rumah. Katanya, membuat struktur atap seperti ini gampang. Materialnya hanya pipa galvanis , kaca sebagai dinding, dan genteng beton.


Konstruksi atap berdiri sendiri. Atap rebah di atas konstruksi pipa galvanis. Salah satu sisi miring genteng menempel pada dinding. Pengikat pipa dengan tembok atau lantai hanya berupa dinabolt. Alat ini mudah dibongkar-pasang, jika sewaktu-waktu ingin mengubah suasana. Pipa galvanis yang digunakan ada dua ukuran. Yang berdiameter 4inci untuk rangka utama dan 3inci untuk rangka atap . Sebisa mungkin pipa-pipa ini disusun segitiga agar kaku dan kuat. Struktur cukup diikat ke tembok dan lantai menggunakan dinabolt .

Rangka-rangka pipa itulah yang menopang atap teras atas. Struktur rangka atap berbentuk segitiga. Dipilih agar rangka kaku dan kuat. Jarak antartiang sejajar 80cm, dengan tinggi tiang 5,5m. Sementara tiang 2,5m sebagai penopang atap yang rendah. Dinding ruang dari kaca rayban 8mm. Dipasang pada bingkai di antara besi-besi struktur atap yang ditempelkan menggunakan sealant . Pola seperti ini cukup kuat menahan kaca dari hempasan angin.

Sebagai penutup dapat digunakan genteng beton yang direbahkan miring 45 . Untuk dindingnya menggunakan kaca. Agar tampilannya keren, rangka pipa galvanis dipoles cat warna merah.



(source: http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Eksterior/Renovasi-Eksterior/Galvanis-Merah-Penopang-Atap)