tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Jumat, 23 Mei 2014

5 Bangunan Menawan Berstruktur Besi di Amerika (III)

Barclay Arena

Barclay Center arena adalah rumah bagi salah satu tim basket NBA, Brooklyn Nets. Arena olah raga tersebut sengaja di desain untuk bisa menampung penonton sejumah lebih dari 18.000 penonton. Barclay Center juga memiliki kanopi terbuka sepanjang 25 meter, sebuah arena hockey es dan beberapa arena untuk jenis olah raga lain. Dalam setahunnya, venue yang berada di kota New York tersebut bisa menyelenggarakan sekitar 200 event olah raga dan budaya. Dan bila di gunakan sebagai venue konser atau pertunjukan hiburan keluarga, daya tampung nya bisa di tambah menjadi 19.000 pengunjung. Barclay Center juga memiliki ruangan-ruangan suite yang terdiri dari 95 ruangan luxury suite, 4 party suite, 2 buah conference suite, 4 ruangan yang di gunakan sebagai bar atau lounge, sebuah restoran dan juga beberapa counter toko retail.


Ikon yang paling menonjol dari Barclay Center Arena adalah kisi-kisi baja yang membalut keseluruhan strukturnya. Panel-panel nya pun terbuat dari baja dan melingkupi bagian luar bangunan termasuk kanopi yang berdiri setinggi 25 meter di atas pintu masuk. Total semua panel baja yang di gunakan berjumlah 12,000 lembar. Sebuah tim khusus sengaja di bentuk untuk memasang panel-panel yang di sanggah oleh kurang lebih 1000 ton besi baja tersebut.


Bagian atap Barclay Arena menjulang setinggi 115 meter dan di topang pula oleh kaki-kaki baja searah dengan panjang area bangunan. Bagian atapnya sengaja di buat tidak geometris namun tetap menawan dan di buat menyatu dengan area fasad bangunan.  Bagian ‘rusuk’ bangunan sengaja di desain untuk mampu menahan tekanan dari struktur atap bangunan.
Lokasi Barclay Arena sendiri sebenarnya berada di bagian pinggiran kota New York. Tepatnya berdekatan dengan stasiun kereta bawah tanah dan terminal kereta api. Lokasi ini tentunya menambah tantangan bagi proses pembangunan pondasinya.


Saat masa pembangunannya, jadwal pembangunan Barclay Center Arena benar-benar di perhatikan. Bahkan di saat-saat akhir masa pembangunan, jadwal tersebut bisa berubah setiap jamnya.  Kesuksesan pembangunan venue olah raga terbesar di kota New York tersebut bergantung pada kesusesan tim kontraktor dalam berkoordinasi. Khusus untuk pembangunan Barclay Arena, pihak kontraktor memiliki dua tim yang masing-masing berada di kota Kansas dan New York . Selain pondasi, keduanya berkoordinasi untuk mendesain dan membangun bagian atap dan bagian yang di sebut ‘mangkuk’ – nya.