tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Kamis, 08 Mei 2014

Jembatan yang berkedip, emang ada?

Jembatan yang  bisa berkedip ini bernama Gateshead Millenium Bridge dan berlokasi di kota London, Inggris. Desainnya adalah pemenang dari lomba merancang jembatan penghubung yang di adakan oleh pemerintah lokal setempat pada tahun 1996. Syarat dari desain yang di ikut sertakan adalah jembatan tersebut tidak boleh menghalangi jalannya kapal yang akan lewat di sungai Tyne yang rata-rata berukuran cukup besar.
Tidak hanya ‘belum pernah ada sebelumnya’, namun desain jembatan yang di bikin oleh Wilkinson Eyre Architects and Gifford & Partners menjadi solusi bagi para pejalan kaki dan pengendara sepeda yang memang banyak di kota London. Gateshead terdiri dari sepasang struktur utama yang melibatkan besi baja dalam pembangunannya. Yang menarik, kedua struktur tersebut berbentuk busur yang saling melengkapi dalam pengoperasiannya.
Saat tidak ‘berkedip’ / terangkat salah satu busur tersebut menjadi jembatan bagi para pejalan kaki dan pengendara sepeda. Pada saat ini, busur  lain yang di posisikan 90 derajad dari busur utama menjadi penyeimbangnya. Jika ada kapal yang akan melewati sungai Tyne, maka delapan buah mesin hidrolik akan mengangkat busur utama hingga kapal pun bisa lewat persis di bawahnya. Pada saat ‘berkedip’, busur yang lain tetap berfungsi sebagai penyeimbang.

Fakta menarik tentang Gateshead Millenium Bridge :
•    Struktur Gateshead yang di perkuat oleh besi baja mampu menahan 64 bis tingkat (double decker) di atasnya
•    Gateshead di bangun di atas 19.000 ton pondasi beton yang sebagian juga tertanam di dasar sungai.
•    Mesin elektrik yang di gunakan Gateshead untuk “berkedip” setara dengan 8 mesin mobil Ford yang berjalan bersamaan.
•    Gateshead mampu menahan getaran kapal seberat 4000 ton yang melaju pada kecepatan 4 knot.