tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Rabu, 02 Apr 2014

Yuk, Buat Pagar Beton Cetak

Pagar dapat dirancang dari sesuatu yang sederhana, seperti pagar beton cetak berikut ini. Beton cetak silinder berdiameter 15cm dan tinggi 30cm itu dijajarkan di sepanjang batas depan halaman.

Jajaran beton cetak  itu ada yang saling menumpuk, ada juga yang berdiri satu-satu. Rancangan ini menjadikan pagar yang tampil dinamis, seperti naik turun. Terlebih jika Anda memakai pintu besi. Seakan-akan membingkai sebagian pagar beton cetak.  Jika pintu itu terbuka, paduan tiga elemen, besi, beton, dan tanaman taman menjadi terlihat menarik.

Beton-beton seperti ini  bisa Anda peroleh di tempat penjual tanaman. Namun, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat pagar beton cetak.

1. Buat media cetakan dari pipa PVC.  Potong pipa 6,5inci atau sekitar 16cm itu setinggi 30cm. Belah pipa menjadi dua bagian.

2. Lapis setiap belahan pipa itu dengan plastik.

3. Siapkan adukan semen, kerikil, dan pasir (material berbentuk beton) untuk bahan yang akan dicetak.

4. Sambungkan kembali setiap bilah pipa yang dibelah tadi, sehingga utuh kembali membentuk silinder. Lalu ikat kuat dengan kawat, agar pipa menyatu dengan kuat.

5. Masukkan adukan semen ke dalam cetakan pipa PVC tadi.  Padatkan.

6. Biarlah hingga beton benar-benar kering.  Setelah kering, buka kawat pengikat pipa.

7. Anda dapat membuat beberapa media cetakan dari pipa PVC berukuran sama agar beton silinder yang dihasilkan banyak dalam satu waktu.



(source: http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Eksterior/Pagar/Yuk-Buat-Pagar-Beton-Cetak)