tagline toko besi baja
X

or Forgot password?

ARTICLE

Senin, 13 Jan 2014

Carport Asri dan Teduh dengan Atap Tanaman

Banyak manfaat yang bisa didapat dari carport yang dijalari tanaman. Suasana lebih asri dan segar dengan adanya tanaman. Lebih teduh karena panas matahari  tersaring oleh kumpulan daun yang menutup atap. Kesan keras dan kaku dari desain carport juga dapat dilunakkan oleh tanaman. Keteduhan yang dihasilkan atap tanaman tidak hanya berpengaruh pada mobil yang diparkir, tapi juga pada ruang di dalam rumah.

Membuat atap yang dijalari tanaman tidak selalu membutuhkan biaya yang besar. Setelah rangka atap terpasang, kita bisa membuat pola grid dengan besi atau kawat tanpa perlu ditutup dengan pelapis lagi pada bagian bawahnya. Cara ini juga membuat sampah tanaman lebih mudah dibersihkan.

Sebaiknya pohon ditanam setelah konstruksi carport dibuat, sehingga titik-titik tanam yang biasanya diletakkan di sekitar tiang carport sudah dapat ditentukan. Tidak perlu semua tiang dijadikan titik tanam, cukup lakukan penanaman pada satu atau dua tiang saja. Setelah tanaman tumbuh, kita dapat mengikat dan melilitkan batang utamanya ke tiang carport.

Lakukan perawatan rutin seperti tanaman pada umumnya. Dalam jangka waktu 3 - 5 bulan atap akan mulai terlihat hijau.

Foto: Dok iDEA/Licco Indrawan

 

sumber : www.ideaonline.co.id